RPN IX BPAN: Perkuat Organisasi Menuju Jambore Nasional

183 Views

9 Februari 2021, Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) menggelar Rapat Pengurus Nasional (RPN) ke-9 (IX) secara virtual via aplikasi zoom. Salah satu agenda RPN IX, membahas tentang persiapan Jambore Nasional (Jamnas) IV BPAN.

RPN merupakan salah satu ruang pertemuan dan pengambilan keputusan yang diatur dalam statua BPAN. RPN diselenggarakan dua kali dalam setahun yang dihadiri oleh Dewan Pemuda Adat Nusantara (DePAN) dan Ketua Umum beserta jajarannya. Berdasarkan statuta, RPN diselenggarakan untuk beberapa tujuan. Pertama, melakukan evaluasi berkala atas penyelenggaraan organisasi dan pelaksanaan program program kerja BPAN serta melakukan perbaikanperbaikan yang diperlukan. Kedua, merumuskan dan mengeluarkan rekomendasi- rekomendasi kepada seluruh perangkat organisasi BPAN untuk memperbaiki kinerja masingmasing. Ketiga, merumuskan dan mengeluarkan keputusankeputusan Pengurus Nasional untuk disampaikan kepada dan dilaksanakan oleh seluruh perangkat organisasi dan atau anggota BPAN. Keempat, merumuskan dan mengeluarkan pernyataan sikap BPAN.

RPN IX BPAN dihadiri oleh DePAN, Ketua Umum, Sekretariat Nasional, dan Peninjau. Para DePAN BPAN yakni Lalu Kesuma Jayadi selaku DePAN Region Bali-Nusa Tenggara, Erlina Darakay selaku DePAN Region Kepulauan Maluku, Jhontoni Tarihoran selaku DePAN Region Sumatera, Joko Sumarto selaku DePAN Region Sulawesi, Paulus Ade Sukmayadi selaku DePAN Region Kalimantan, Sem Vani Ulimpa selaku DePAN Region Papua, dan Zebri Bahril Ulum selaku DePAN Region Jawa. Ketua umum BPAN, Jakob Siringoringo, turut hadir bersama para staf di Sekretrariat Nasional BPAN. Sementara, Rukka Sombolinggi selaku Sekjen AMAN, Eustobio Rero Renggi selaku Deputi I Sekjen, Riky Aprizal selaku Direktur OKK PB AMAN, Awaludin dari OKK PB AMAN, dan Batara Tambing selaku volunteer BPAN hadir sebagai peninjau.

“Perkuat Organisasi Menuju Jambore Nasional IV BPAN’ menjadi tema yang diangkat pada RPN IX. Selain Jamnas IV BPAN, beberapa agenda dan topik penting lain juga dilaksanakan serta dibahas mendalam.

Mars Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan mars BPAN dikumandangkan, di awal kegiatan. Acara kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Sekjen AMAN, Rukka Sombolinggi.

Dalam sambutannya ia mengapreasiasi segala upaya yang selama ini dilakukan oleh BPAN. Ia juga turut memberikan berbagai motivasi dan penguatan terkait jalannya roda organisasi BPAN.

Usai Sekjend AMAN bicara, sesi dilanjutkan dengan agenda penyampaian perkembangan organisasi setahun terakhir, oleh Ketua Umum BPAN, Jakob Siringoringo. Sesi kemudian langsung disambung dengan tanggapan sekaligus penyampaian perkembangan DePAN setiap region.

RPN IX juga membahas program kerja BPAN enam bulan ke depan. Rapar Kerja Nasional (Rakernas) III BPAN dan Jamnas IV BPAN juga dibahas di sesi pembahasan program. Rencananya, Rakernas III BPAN akan dilaksanakan pada bulan April 2021 secara virtual. Sementara itu, Jamnas IV BPAN rencananya akan diselenggarakan pada bulan Juli 2021.

Menurut Ketua Umum BPAN, RPN IX juga menyepakati beberapa Langkah strategis terkait persiapan menuju Jamnas IV BPAN.

“Pengurus Nasional (PN) BPAN lewat Ketua Umum akan menyiapkan komposisi kepanitiaan Jambore Nasional IV BPAN. Kepanitian ini akan diputuskan pada Rakernas III BPAN nanti. Selain itu, PN BPAN akan melakukan konsolidasi regional sebagai langkah awal menuju Jambore Nasional IV BPAN”, ucap Jakob.

Pendidikan Adat, penyelenggaraan organisasi, peran Pemuda Adat Nusantara dalam ruang pengambilan keputusan Masyarakat Adat, dan penguatan kapasitas menjadi menjadi program-program penting lain yang dirumuskan dan disepakati dalam RPN IX.

Hasil RPN IX BPAN juga menyepakati pengangkatan Yuyun Kurniasih sebagai  bidang organisasi di struktur kerja Ketua Umum dan perpanjangan periode Pengurus Nasional kepada Sekjen AMAN.

BARISAN PEMUDA ADAT NUSANTARA

MENJADI PEMUDA ADAT

KONTAK KAMI

Sekretariat BPAN, Alamat, Jln. Sempur, Bogor

officialbpan@gmail.com

en_USEnglish
en_USEnglish