Komitmen Jaga Wilayah Adat, Pengurus Baru BPAN Daerah Tanoh Pakpak Dikukuhkan

342 Views

Muhammad Aipa Padang adalah pemuda adat asal Komunitas Marga Padang Petal. Setelah 30 menit jalan kaki, akhirnya ia sampai di lokasi kegiatan Pertemuan Daerah (Perda) generasi muda adat Tanoh Pakpak.

12 Maret 2021 menjadi hari penting baginya dan generasi muda adat Tanoh Pakpak. Di hari itu mereka bermusyawarah untuk menentukan kepengurusan yang baru Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Daerah Tanoh Pakpak.

Kebun Cabe milik Komunitas Adat Sampen Bunga menjadi lokasi kegiatan Perda. Cabe hijau berukuran besar, menghiasi lokasi kegiatan. Perda ini diselenggarakan pada 10-12 Maret 2021.

Salah satu inti kegiatan Perda yakni memberikan pengetahuan tentang gerakan masyarakat adat. Selain materi tentang gerakan masyarakat adat nusantara, para generasi muda adat juga belajar mendalam tentang masyarakat adat Tanoh Pakpak.

“Kami juga belajar tentang masyarakat adat Tanohh Pakpak secara mendalam,” kata Aipa Padang.

Kegiatan Perda ini dihadiri oleh 20 orang pemuda-pemudi adat dari beberapa komunitas di Tanoh Pakpak. Hadir pula para tetua adat, Sana’un Angkat selaku Ketua BPH PD AMAN Tanoh Pakpak, dan Jhontoni Tarihoran selaku DePAN BPAN Region Sumatera.

Para tetua adat yang hadir memberikan banyak petuah dan pesan bagi seluruh generasi muda adat yang hadir. Aipa Padang sangat ingat pesan-pesan tersebut.

“Jagalah wilayah adatmu, jaga kampungmu karna itu hakmu”

Itu pesan dari tetua yang paling diingatnya.

Pesan tersebut yang memotivasi dia untuk bergabung bersama BPAN. Wadah perjuangan generasi muda adat seperti BPAN  menjadi tempat yang tepat untuk membangun kekuatan demi mempertahankan hak-hak masyarakat adat.

“Menurut saya, BPAN adalah wadah membangun kekuatan dan militansi untuk mempertahankan hak-hak masyarakat adat,” ucap Aipa.

Dalam musyawarah pemuda-pemudi adat Tanoh Pakpak, mereka memutuskan dan memilih kepengurusan BPAN Daerah Tanoh Pakpak yang baru. Muhammad Aipa Padang dipercayakan menjadi Ketua. Ia terpilih menggantikan Jani Bacin yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua BPAN Daerah Tanoh Pakpak.

Pengurus dan anggota BPAN Daerah Tanoh Pakpak yang baru dikukuhkan dengan mengucapkan janji pemuda adat. Mereka mengucapkan ikrar tersebut sebagai sumpah untuk menjadi bagian perjuangan menjaga wilayah adatnya.

BARISAN PEMUDA ADAT NUSANTARA

MENJADI PEMUDA ADAT

KONTAK KAMI

Sekretariat BPAN, Alamat, Jln. Sempur, Bogor

officialbpan@gmail.com

en_USEnglish
en_USEnglish