Gerak Baru PD BPAN Lombok Barat

246 Views

“Kita tidak membentuk, karena sebelumnya BPAN Lombok Barat sudah Perda (Pertemuan Daerah). Hanya saja, belum begitu aktif. Dan ketua terpilih sebelumnya Lalu Budi Hartono mengundurkan diri”.

Begitu disampaikan Lalu Kesumajayadi via Whatsapp.

Lalu Kesumajayadi merupakan anggota Dewan Pemuda Adat Nusantara (DePAN) Region Bali-Nusra. Ia terpilih menjadi DePAN di Jambore Nasional (Jamnas) III Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) di Muara Samu, Kalimantan Timur.

Beberapa waktu lalu, sejumlah anggota BPAN Daerah Lombok Barat berkonsultasi dengannya. Hal penting yang mereka bicarakan terkait mengaktifkan kembali roda organisasi BPAN Daerah Lombok Barat. Termasuk, membicarakan posisi Ketua yang sudah kosong karena ketua terpilih telah mengundurkan diri.

Sebagai DePAN, ia memastikan bahwa roda pergerakan BPAN di wilayahnya tetap berjalan.  Koordinasi dengan sesama Pengurus Nasional (PN) yakni Ketua Umum BPAN, ia lakukan. Mengaktifkan kembali kepengurusan BPAN di beberapa daerah, termasuk PD BPAN Lombok Barat, menjadi program prioritas PN BPAN.

“Karena ini bagian dari mandat organisasi. Kita ingin BPAN ini lebih progresif dalam pengorganisasian dan juga kita menyiapkan kader pemimpin untuk Generasi Muda Adat mulai dari kampung – kampung hingga ke daerah dan kita mulai dari sini, BPAN,” ungkap Lalu Kesumajayadi.

Menurutnya, upaya menggerakan kembali roda organisasi PD BPAN Lombok Barat, diinisiasi oleh anggota BPAN Lombok Barat sendiri. Inisiasi ini diawali dengan rapat pengurus. Sebelumnya pengurus juga telah melakukan rapat internal dan konsultasi dengan DePAN Reg Bali-Nusra dan juga kepada Ketua BPH AMAN Daerah Lombok Barat selaku penasihat. Hasil pertemuan itu, menetapkan jadwal pelaksanaan musyawarah pergantian pengurus BPAN yang masih aktif dengan menunjuk dan mengangkat ketua Penjabat Sementara (Pjs) Ketua.

“Yang pasti, karena ketua sebelumnya mengundurkan diri, sehingga agar kerja-kerja organisasi berjalan dengan baik maka kita harus melakukan pergantian,” ucap Lalu.

Musyawarah pergantian pengurus BPAN Daerah Lombok Barat dilaksanakan di Rumah AMAN Lombok Barat. Dihadiri oleh anggota PD BPAN Lombok Barat, Ketua BPH AMAN Lombok Barat, Perwakilan Pengurus BPAN NTB, dan DePAN Region Bali-Nusra.

Hasil musyawarah memandatkan Raden Wire Satriaji sebagai Pjs Ketua PD BPAN Lombok Barat. Ia kemudian dikukuhkan sebagai Pjs Ketua dengan mengucapkan Janji Pemuda Adat. Dalam kepengurusan yang baru ini, ia dibantu oleh M. Septian Wahyudi selaku Sekretaris dan M. Riskiya Ansori sebagai Bendahara.

Menurut Raden Wire Satriaji, generasi muda adat wajib bergabung bersama BPAN.

” Karna organisasi BPAN ini lah yang sangat tepat untuk wadah para pemuda-pemuda yang ingin mewujudkan impian mereka yang berhubungan dengan adat istiadat. Pemuda adat inilah yang akan meneruskan nilai-nilai luhur adat istiadat.,” ucapnya.

Selain kegitan tersebut, dilangsungkan juga Pendidikan Kader untuk pengurus BPAN Daerah Lombok. Pendidikan ini dimaksudkan untuk menanamkan pengetahuan berorganisasi di BPAN dan AMAN.

28 Januari 2021 menjadi momen bersejarah bagi PD BPAN Lombok Barat. Kepengurusannya dibentuk ulang sekaligus mengatur gerak baru dalam arak-arakan perjuangan Masyarakat Adat nusantara.

Penulis: Kalfein Wuisan

BARISAN PEMUDA ADAT NUSANTARA

MENJADI PEMUDA ADAT

KONTAK KAMI

Sekretariat BPAN, Alamat, Jln. Sempur, Bogor

officialbpan@gmail.com

en_USEnglish
en_USEnglish