Demi Hak-hak Istimewa Warisan Leluhur, PD BPAN Mamasa Dideklrasikan

132 Views

Di dalam ruangan, ada sebuah baleho. Digantung di dinding berlatar putih.

Logo Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) diletakan di bagian atas baleho. ‘Pendidikan Kader Pemula dan Konsolidasi Pemuda Adat’ tercetak besar di baleho tersebut. Tulisan ini hendak menggambarkan kegiatan yang sedang dilakukan. ‘Bangkit Bersatu Menuju Gerakan Masyarakat Adat yang Berdaulat, Mandiri, dan Bermartabat’ juga tertulis di baleho.

Di depan baleho, ada sejumlah generasi muda adat Mamasa. Mereka berkumpul, bermusyawarah, dan belajar bersama mengenai gerakan masyarakat adat. Mereka mengikat komitmen untuk tanah adat dan masa depan masyarakat adat. Upaya konkrit mereka mewujud dengan dibentuk dan dideklarasikannya Pengurus Daerah (PD) BPAN Mamasa.

“Kurangnya kesadaran generasi muda di Mamasa tentang pentingnya memperjuangkan hak-hak istimewa yang diwariskan leluhurnya,” ungkap Evan. Ini kemudian menjadi salah satu alasan Evan dan generasi muda adat Mamasa membentuk BPAN Daerah Mamasa.

Evan percaya bahwa BPAN adalah wadah yang tepat dan selama ini konsisten memperjuangkan hak-hak masyarakat adat.

“BPAN adalah wadah yang tepat untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat adat”, ucap Evan.

Evan Dwi Kurnianto begitu bersemangat hari itu. 13 Maret 2021 menjadi momen spesial baginya dan generasi muda adat Mamasa. Mereka berkumpul di Wisma Gandang Dewata, Kelurahan Mamasa Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa. Di waktu itu, mereka bermusyawarah dan mendeklarasikan BPAN Daerah Mamasa sebagai wadah perjuangan pemuda-pemudi adat.

Selain memutuskan untuk mendeklarasikan PD BPAN Mamasa, hasil musyawarah juga menetapkan kepengurusannya.  Evan Dwi Kurnianto diberi mandat sebagai Ketua, Yudith Sriwahyuni sebagai Sekretaris dan Marson Ramba Kila sebagai Bendahara.

Sebagai pemuda adat, menurut Evan, BPAN menjadi wadah yang harus diiikuti oleh pemuda-pemudi adat di seluruh  nusantara. Hal ini disampaikan Evan sebagai pengakuan dari apa yang dilihatnya mengenai BPAN selama ini.

Bagi Evan, BPAN harus dibentuk di seluruh daerah di nusantara sebagai perpanjangan tangan perjuangan masyarakat adat. BPAN di daerah-daerah menjadi motor untuk mewujudkan masyarakat adat yang berdaulat, mandiri, dan bermartabat.

“BPAN harus membentuk pengurus daerah agar dapat menjadi perpanjangan tangan dalam mewujudkan masyarakat adat yang berdaulat mandiri dan bermartabat,” tuturnya.

Evan dan 21 orang generasi muda adat Mamasa yang mendeklarasikan PD BPAN Mamasa dikukuhkan menjadi bagian dari BPAN dengan mengucapkan Janji Pemuda Adat.

Penulis: Kalfein Wuisan

BARISAN PEMUDA ADAT NUSANTARA

MENJADI PEMUDA ADAT

KONTAK KAMI

Sekretariat BPAN, Alamat, Jln. Sempur, Bogor

officialbpan@gmail.com

en_USEnglish
en_USEnglish