Persiapkan Jambore keempat, BPAN Sembalun Lakukan Deklarasi Pengurus Baru

Aman.bpan.or.id LOMBOK – Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Daerah Sembalun mengkonsolidasikan anggotanya dengan melakukan Pertemuan Daerah (Perda), acara tersebut berlangsung di Balai Sembalun (17/12/2018) beberapa hari lalu. Kegiatan deklarasi tersebut bertujuan untuk memperkuat organisasi BPAN yang ada di Lombok dalam mempersiapkan Jambore keempat di Lombok.

Acara Peretmuan Daerah tersebut dihadiri sekitar 25 orang lebih Anggota Pemuda-pemuda berumur 17-35 tahun yang berasal dari komunitas-komunitas masyarakat adat di daerah sembalun. Acara yang berlangsung selama dua hari itu dihadiri langsung oleh Dewan Pemuda Adat Region Bali Nusa Tenggara (DePAN Reg. Bali Nusra), Lalu Kesumajayadi.

Selain itu, turut dihadiri oleh Ketua Wilayah Barisan Pemuda Adat Lombok , Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) AMAN Daerah Sembalun, Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Nusa Tenggara Barat (DAMANWIL NTB) dan dari Perhimpunan Pengacara Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN).

Baca juga :

Dalam sambutannya Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Daerah Sembalun, Darwate Muhammad mengatakan bahwa untuk memperkuat gerakan-gerakan masyarakat adat, harus dibangun kesadaran sejak dini terlebih dikalangan pemuda adat. “Anak muda itu harus di depan penerus perjuangan masyarakat adat”terang Darwate.

Menurut Darwate Deklarasi pengurus BPAN di Daerah Sembalun ini, merupakan bagian dari memperluas gerakan masyarakat adat khususnya anak muda sesuai hasil dari Jambore Nasional yang terjadi di Kalimantan Timur. “Deklarasi ini, sebagai perluasan organisasi sayap AMAN dengan melibatkan pasrtisipasi anak muda,”tegas Darwante.

Sementara itu, Ketua Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Wilayah Lombok Toni Syamsul Hidayat mengatakan bahwa deklarasi ini sebagai bentuk persiapan dalam menuju Jambore Nasional keempat, dimana Lombok dimandatkan untuk menjadi tuan rumah pada Jambore keempat sesuai keputusan yang ditetapkan di Kampung Muser.

“Ini merupakan bentuk perluasan anggota BPAN, karena kami  di Lombok dimandatkan untuk menjadi tuan rumah Jambore keempat sesuai keputusan di Muser pada Jambore ketiga April lalu,”tegas Toni.

Dalam deklarasi itu, terpilih lah Junaidi atau yang biasa dipanggil Jun, banyak sekali rekomendasi-rekomendasi yang disampaikan peserta pada saat pertemuan daerah BPAN Sembalun, terutama dalam hal penguatan organisasi.

Penulis : Lalu Kusumayadi Dewan Pemuda Adat Nusantara (Depan) Region Bali Nusa

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*